Skip to main content

5 Tips Cara Menjadi Dropshipper untuk Pemula Agar Sukses

cara menjadi dropshipper pemula
Dropshipper. (image: freepik.com)

Membuka bisnis dropshipper saat ini semakin digemari banyak orang. Hal ini karena cara menjadi dropshipper ini memberikan kesempatan pada pemula yang ingin memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal yang besar. Bahkan, modal yang dibutuhkan untuk cara menjadi dropshipper pemula lebih kecil dibandingkan bisnis lainnya.

Bisnis dropshipper ini menjadi peluang bisnis modal kecil yang cukup menjanjikan. Sebab di era digital yang terus berkembang saat ini memberikan dampak baik bagi pertumbuhan e-commerce yang semakin banyak, sehingga sistem dropship juga turut berkembang.

Adapun sistem dropship ini adalah penjual atau yang biasa disebut dropshipper hanya perlu mempromosikan dan menjual suatu produk dari pihak produsen atau supplier tanpa perlu membeli atau mengadakan barangnya terlebih dahulu

Kemudian setelah mendapatkan calon pembeli, kamu hanya perlu menginformasikan pada supplier agar produknya dikirimkan ke pembeli. Jadi para dropshipper ini bertugas untuk menghubungkan produsen dengan konsumen.

Cara Menjadi Dropshipper Pemula

Nah bagi kamu yang tertarik bisnis dropship ini tapi masih bingung bagaimana cara menjadi dropship tanpa modal, berikut ini beberapa tips sukses cara menjadi dropshipper pemula:

1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Cara menjadi dropshipper pemula yang pertama yaitu menentukan produk yang ingin dijual. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukannya.

Untuk riset ini, kamu bisa cari tahu produk apa yang banyak dibutuhkan orang ataupun produk yang sedang nge-trend. Selain itu, lakukan riset keyword terkait topik jualan yang kamu pilih mengetahui produk apa saja yang banyak dicari dari topik jualanmu.

2. Lakukan Riset Produsen Barang atau Supplier

Cara menjadi dropshipper tanpa modal selanjutnya yaitu melakukan riset produsen barang atau supplier yang nantinya akan menjadi pemasok produk yang kamu jual.

Beberapa hal yang bisa kamu riset dari supplier diantaranya:

  • Sudah berapa lama supplier tersebut beroperasi.
  • Kualitas produk yang diproduksi.
  • Ketersedian stok barang.
  • Sistem pembayaran, pengiriman, hingga sistem refund.
  • Banyaknya dropshipper yang telah bekerjasama dengan supplier tersebut.
  • Banyaknya produk yang berhasil terjual.
  • Banyaknya review positif dari dropshipper lainnya.

Ini penting untuk kamu lakukan karena calon dropshipper tidak mengadakan barangnya sendiri. Sehingga riset supplier bertujuan untuk memilih supplier yang tepat dan terpercaya.

Setelah menentukan supplier yang tepat, cara menjadi dropshipper selanjutnya yaitu mendaftarkan diri sebagai dropshipper pada supplier yang telah kamu pilih untuk bekerja sama, baik melalui website resminya ataupun langsung datang ke kantornya.

3. Membangun Branding

cara menjadi dropshipper
Branding. (image: freepik.com)

Setelah kamu sudah memulai menjadi dropshipper, maka cara menjadi dropshipper pemula selanjutnya adalah mulai membangun branding. Membangun branding yang tepat bisa memperluas jangkauan bisnis dropship yang kamu jalani.

Branding yang tepat juga akan berpeluang untuk meningkatkan brand awareness di mata calon konsumen, sehingga nantinya berbagai produk yang kamu tawarkan akan lebih mudah dikenali oleh calon konsumen.

Untuk memulai membangun branding sebagai salah satu cara menjadi dropshipper, kamu bisa menentukan nama brand untuk toko online milikmu hingga membuat logo untuk menggambarkan visi dan misi dari bisnis dropship milikmu.

4. Siapkan Elemen Visual untuk Promosi

Elemen visual adalah hal terpenting dalam keberhasilan promosi bisnis online. Sebab, desain yang menarik akan menarik banyak konsumen.

oleh karena itu, usahakan untuk menyertakan foto produk yang asli dan jelas, serta informasi produk yang detail sehingga calon konsumen lebih mudah melihat produk dan mengetahui detail produk yang kamu jual.

Selain foto produk beserta informasinya, kamu bisa beberapa elemen visual untuk menggambarkan ciri khas bisnis dropshipper milikmu.

5. Mulai Promosikan Bisnis Dropship-mu

Melakukan promosi adalah cara cara menjadi dropshipper pemula yang ampuh untuk mengenalkan bisnis dropship milikmu untuk menarik minat calon pelanggan.

Oleh karena itu, dropshiper perlu lebih rajin dalam melakukan promosi produk. Kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, hingga Twitter dan manfaatkan semua fitur yang disediakan oleh berbagai platform tersebut.

Selain itu, rajinlah berinteraksi dengan pengikut di media sosial dengan menjawab komentar mereka ataupun membuat polling. Dengan aktif berinteraksi, maka kamu akan mengetahui informasi mengenai karakteristik konsumen, mendapatkan kritik dan saran, hingga hal-hal penting lainnya yang dapat meningkatkan performa bisnis dropship milikmu.

Nah itulah beberapa tips cara menjadi dropshiper pemula. Memang bisnis dropshipper ini tidak memerlukan modal yang besar. Namun, kamu harus konsisten untuk memasarkan produk kamu agar semakin banyak produk yang terjual. Dengan begitu, maka semakin banyak cuan yang berhasil kamu dapatkan.