Skip to main content

6 Tips Mengatur Keuangan Pribadi untuk Generasi Milenial

cara mengatur keuangan pribadi
Mengatur keuangan pribadi. (image: freepik.com)

Memiliki kondisi finansial yang terjamin di masa depan merupakan impian baik yang perlu diwujudkan sejak dini. Sebab, mengatur keuangan pribadi bagi generasi milenial saat ini menjadi sebuah tantangan sendiri karena tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik dan bijak sangat perlu diterapkan selagi kamu masih dalam usia produktif. Tentu agar finansial dapat terjaga dengan baik dan memudahkan kamu dalam mencukupi segala kebutuhan, baik yang direncanakan ataupun yang mendadak.

Tips Mengatur Keuangan Pribadi untuk Generasi Milenial

Sebenarnya, mengatur keuangan pribadi bukanlah hal yang sulit, dan bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatur keuangan pribadi untuk generasi milenial.

1. Buat Anggaran Keuangan

Cara mengatur keuangan pribadi untuk generasi milenial yang pertama adalah kamu bisa memulai dengan menyiapkan anggaran keuangan. Dengan membuat anggaran keuangan, kamu bisa menentukan kebutuhan apa saja yang paling dibutuhkan dan membuat rencana untuk pengeluaranmu selanjutnya.

Anggaran ini juga berguna untuk menentukan berapa biaya yang akan kamu keluarkan perbulannya. Dengan begitu, maka kamu lebih disiplin dalam mengelola kondisi finansial yang efektif.

2. Buat Skala Prioritas Pengeluaran

Setelah kamu membuat anggaran keuangan, kamu harus membuat skala prioritas untuk pengeluaranmu. Hal ini adalah cara mengatur keuangan pribadi dengan baik yang nantinya akan membantumu untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting dan mengatur keuangan lebih efektif.

Prioritaskan kebutuhan yang penting seperti kebutuhan sehari-hari, kebutuhan bulanan, hingga kebutuhan masa depan, seperti menyiapkan keperluan dana demi membeli tempat tinggal atau memulai usaha secara mandiri.

3. Sisihkan Penghasilan untuk Ditabung

Menabung masih menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan baik dan efektif. Sebab dengan menabung, maka kamu secara tidak langsung menyisihkan dana yang kamu miliki untuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya terencana maupun mendadak.

Namun cara mengatur keuangan pribadi untuk generasi milenial dengan menabung ini dibutuhkan konsistensi yang tinggi. Saat ini, Kamu bisa memilih salah satu diantara sekian banyak perbankan yang menyediakan fasilitas tabungan yang memberikan manfaat di kemudian hari sesuai dengan kebutuhanmu. Dan sebaiknya, hindari menabung di satu rekening yang sama dengan rekening penghasilan kamu. Ini perlu dilakukan untuk mengontrol anggaran pengeluaran kamu agar tidak kacau.

4. Siapkan Dana untuk Kebutuhan Darurat

cara mengatur keuangan pribadi dengan baik
Dana darurat. (image: freepik.com)

Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik selanjutnya adalah mulai mempersiapkan dana darurat dari penghasilan di awal bulan. Dengan memiliki dana darurat, maka kamu bisa merasa lebih tenang dan tidak direpotkan jika menghadapi kebutuhan darurat, seperti terkena musibah, terkena penyakit, kehilangan pekerjaan, atau bencana alam yang tidak terduga karena sudah memiliki dana cadangan.

Selain itu, ana darurat juga bisa membantu kamu menghindari meminjam uang dari teman atau keluarga, atau bahkan meminjam dari bank yang akan membuat kamu terbebani dengan bunga yang tinggi.

5. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit sangat berguna jika kamu tidak memiliki uang cash. Namun, disisi lain, penggunaan kartu kredit secara berlebihan akan menjadikan penggunanya lebih konsumtif karena keinginan untuk berbelanja semakin besar.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menghindari penggunaan kartu kredit jika tidak benar-benar diperlukan. Sebab hal tersebut hanya akan menambah beban keuanganmu di masa depan dan dapat mengganggu kemampuanmu untuk mengatur keuangan pribadi.

6. Mulai Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan baik Dalam berinvestasi, kamu dapat memanfaatkan uang yang kamu miliki untuk mendapatkan penghasilan pasif atau imbal hasil dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan nilai aset kamu dan memperkuat posisi keuangan kamu.

Selain itu, investasi juga membantu kamu melindungi keuangan kamu dari inflasi. Inflasi adalah suatu keadaan di mana harga barang dan jasa terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jika kamu hanya menyimpan uang di bank, maka nilai uang kamu akan tergerus oleh inflasi. Namun, jika kamu berinvestasi, maka kamu dapat memanfaatkan inflasi untuk menghasilkan keuntungan.

Nah itulah beberapa tips cara mengatur keuangan pribadi untuk generasi milenial. Dengan menerapkan tips diatas, kamu bisa mencapai tujuan finansialmu dengan lebih mudah dan meraih masa depan yang lebih stabil secara finansial.