Skip to main content

5 Cara Mempersiapkan Dana Darurat yang Efektif

dana darurat
Dana darurat. (image: freepik.com)

Dalam kehidupan, seseorang tentu memiliki berbagai daftar kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun di luar semua kebutuhan tersebut, terkadang ada saja jenis kebutuhan yang sifatnya darurat atau tiba-tiba saja harus segera dipenuhi tanpa ada rencana terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mempersiapkan dana darurat sejak jauh-jauh hari sebelum hal tersebut terjadi.

Pengertian Dana Darurat

Sesuai namanya, dana darurat merupakan sejumlah dana yang sebelumnya telah disiapkan sebagai dana cadangan untuk mengatasi situasi darurat keuangan yang tidak terduga. Dana darurat dapat digunakan untuk mengatasi keadaan seperti kehilangan pekerjaan, sakit, bencana alam, kecelakaan, atau kerusakan rumah yang memerlukan pengeluaran yang tak terduga.

Mempersiapkan dana darurat dianggap sebagai bagian penting dari perencanaan keuangan pribadi. Jumlah dana yang disiapkan untuk dana darurat berbeda-beda untuk setiap individu dan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti biaya hidup, penghasilan, dan kebutuhan finansial pribadi.

Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Mempersiapkan dana darurat adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk memastikan keamanan finansial mereka dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips mengenai cara mempersiapkan dana darurat yang efektif.

1. Tentukan Dana Darurat yang Dibutuhkan

Cara mempersiapkan dana darurat yang efektif pertama yaitu dengan menentukan berapa besar dana darurat yang kamu butuhkan. Adapun nominal dana darurat ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya besar pemasukan dan pengeluaran yang kamu gunakan untuk kebutuhan utama.

Sebagai saran sebaiknya persiapkan dana darurat setara dengan tiga hingga enam bulan dari pengeluaran rutin. Jangan lupa untuk mempertimbangkan semua biaya hidup, termasuk biaya-biaya rutin seperti biaya tagihan listrik dan air.

2. Buat Rekening Khusus untuk Dana Darurat

Sebaiknya buat rekening khusus untuk memisahkan rekening dana darurat ini dari rekening utama. Maksud dari rekening utama ini adalah rekening yang biasa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Ini penting sekali jika kamu tidak memisahkannya, maka sulit untuk mengumpulkan dana darurat sesuai target.

Jadi siapkan rekening khusus untuk dana darurat, lalu tabung sebagian dana ke rekening tersebut secara berkala. Jika target dana darurat sudah terkumpul, maka jangan digunakan untuk kebutuhan apapun. Sebab, tujuan utama dari pengumpulan dana ini adalah untuk berjaga-jaga kalau ada kebutuhan darurat saja.

3. Mulai Menghemat Pengeluaran Bulanan

Tanpa disadari atau tidak, kamu mungkin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk kebutuhan tertentu yang mungkin tidak terlalu penting. Misalnya untuk membayar langganan di beberapa platform streaming sekaligus.

Jadi sebaiknya pertimbangkan untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Dengan begitu kamu bisa sedikit menghemat uang yang dikeluarkan sehingga nantinya dapat dialokasikan ke dana darurat.

4. Tetap Konsisten untuk Mengumpulkan Dana Darurat

cara mempersiapkan dana darurat
Mengumpulkan dana darurat. (image: freepik.com)

Cara menyiapkan dana darurat selanjutnya adalah tetap konsisten untuk mengumpulkan dana darurat. Membuat anggaran keuangan dan menentukan jumlah yang akan disisihkan setiap bulan untuk dana darurat adalah kunci penting dalam membangun tabungan dana darurat yang mencukupi.

Jika kamu merasa sulit menyisihkan sebagian dana untuk ditabung sebagai dana darurat, kamu bisa mulai menabung dengan jumlah kecil yang mudah dicapai namun tetap konsisten. Dan bila kondisi keuanganmu mengalami peningkatan, kamu juga bisa mulai meningkatkan nominalnya untuk disisihkan setiap bulannya hingga target dana darurat tercapai.

5. Aktifkan Auto-Debet untuk Rekening Dan Darurat

Terkadang karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan, kamu jadi terlupa untuk menyisihkan sebagian dana untuk ditabung ke rekening dana darurat. Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi tentang hal itu, sebab, kamu bisa meminta bank untuk mengatur transfer otomatis hasil potongan dari dana rekening utama ke rekening tabungan dana darurat.

Nah itulah beberapa tips cara mempersiapkan dana darurat yang efektif. Mempersiapkan dana darurat membutuhkan disiplin, kesabaran, dan ketekunan dalam menabung. Namun, hal ini akan memberikan keamanan finansial dan memungkinkan kamu untuk menghadapi situasi darurat keuangan dengan tenang dan terjamin.

Ingatlah untuk selalu mengelola dana darurat kamu dengan bijak dan jangan menggunakan dana darurat kamu kecuali dalam keadaan darurat yang memang membutuhkan.