Skip to main content

6 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula

ide bisnis modal kecil
Ide bisnis modal kecil. (image: freepik.com)

Sebagian besar orang berpikir bahwa untuk memulai sebuah bisnis memerlukan modal yang besar. Namun, faktanya, masih ada banyak ide bisnis modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Ya, sekarang banyak sekali bisnis modal kecil untung besar yang cukup menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula yang baru memulai bisnis atau para pebisnis rumahan yang ingin merintis bisnis baru mereka.

Walaupun kini banyak kita temukan metode mengembangkan bisnis modal kecil untung besar, namun masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk memulai bisnis mereka. Padahal dengan bisnis modal kecil pun, masih bisa mendapatkan keuntungan bila bisnis tersebut dikelola dengan benar.

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula yang Menjanjikan

Bisnis modal kecil memungkinkan kamu untuk memulai menjalankan usaha tanpa harus memikirkan biaya besar. Berikut adalah beberapa ide bisnis modal kecil menjanjikan yang cocok untuk pemula:

1. Menjadi Dropshipper

Bisnis modal kecil menjanjikan yang pertama adalah menjadi dropshipper. Bisnis jenis ini menjadi incaran bagi banyak pemula karena bisa berjualan produk apa pun tanpa harus memiliki modal besar.

Hal yang harus kamu lakukan cukup menjual produk yang telah disediakan oleh supplier melalui promosi di media sosial atau marketplace. Kemudian setelah mendapatkan calon pembeli, kamu hanya perlu menginformasikan pada supplier agar produknya dikirimkan.

Cukup mudah kan? jadi jika kamu menjadi dropshipper, maka kamu tidak perlu memikirkan biaya pengadaan barang maupun biaya operasional.

2. Menjadi Affiliate Marketing

Affiliate marketing juga merupakan salah satu bisnis modal kecil menjanjikan yang kini semakin ramai peminatnya.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu memiliki produk sendiri, tetapi hanya berfokus pada mempromosikan produk orang lain dan mengarahkan traffic ke situs pemilik produk melalui tautan yang kamu sebar. Jika ada transaksi yang berhasil terjadi melalui tautan tersebut, maka kamu akan menerima komisi sesuai kinrja yang kamu capai.

3. Menjadi Freelancer

bisnis modal kecil untuk pemula
Freelancer. (image: freepik.com)

Jika kamu memiliki keahlian di bidang khusus, kamu bisa mencoba ide bisnis modal kecil ini. Ya, menjadi freelancer adalah suatu model bisnis online dimana individu menawarkan jasa kepada klien secara proyek atau berdasarkan kontrak, bukan bekerja secara tetap pada sebuah perusahaan.

Bidang pekerjaan yang sering dilakukan oleh freelancer ini biasanya meliputi desain grafis, pemrograman, penulisan, penerjemahan, dan banyak lagi.

Kamu bisa menawarkan keahlianmu kepada klien dengan memasang portofolio kamu miliki di melalui platform online seperti Upwork, Fiverr, Sribu atau Freelancer.com.

4. Menjual Pulsa atau Token Listrik

Bisnis modal kecil untuk pemula selanjutnya adalah bisnis menjual pulsa atau token listrik. Bisnis seperti ini sangat cocok untuk bisnis rumahan karena kebutuhan akan layanan isi ulang pulsa dan token listrik tidak pernah berakhir, sehingga menciptakan peluang bisnis yang cukup stabil.

Meskipun saat ini sudah banyak kemudahan untuk membelinya, namun kamu tetap bisa mendapatkan pelanggan setia dari orang-orang yang masih enggan untuk beli pulsa dan token listrik lewat online.

5. Membuka Jastip atau Jasa Titip

Jastip atau Jasa Titip adalah suatu bisnis yang memfasilitasi pembelian barang-barang dari luar negeri atau dari daerah lain yang tidak tersedia di daerah asal. Untuk menjalankan bisnis Jastip ini, Kamu hanya perlu mencari barang apa yang paling diminati dari daerah kamu, kemudian memasarkannya ke orang-orang yang tepat.

Sistem bisnis jasa titip ini yaitu kamu menerima pesanan dari orang yang ingin membeli barang dari foto produk yang telah kamu bagikan. Orang yang ingin membeli barang tersebut selanjutnya akan terlebih dahulu mengirimkan sejumlah dana yang sudah termasuk biaya jasa yang akan kamu gunakan untuk membeli barang tersebut, kemudian kamu akan mengirimkan barang ke alamat pemesan.

Bisnis model ini termasuk juga ide bisnis modal kecil untung besar, sebab banyak orang yang mencari barang-barang unik yang hanya tersedia di daerah tertentu saja.

6. Menjual Makanan Ringan / Camilan

Bisnis makanan ringan atau camilan hingga saat ini masih menjadi salah satu produk makanan yang selalu laris manis dipasaran. Sebab, camilan ini sangat digemari oleh semua kalangan dikala waktu santai maupun teman saat beraktivitas.

Bisnis camilan termasuk ide bisnis modal kecil yang layak dipertimbangkan. Sebab, kamu cukup bermodalkan kurang lebih 500 ribu rupiah saja kamu sudah bisa membuat berbagai camilan, seperti keripik singkong, keripik pisang, makaroni kering, dan dan lain sebagainya.

Kemudian kamu bisa menjual produk camilanmu di tempat-tempat yang ramai, seperti pusat perbelanjaan, pasar, stasiun, dan bandara ataupun menjualnya secara online di e-commerce atau di website bisnis sendiri.

Nah, itulah beberapa ide bisnis modal kecil untuk pemula. Walaupun modal yang dibutuhkan rendah, namun sukses dalam bisnis modal kecil tetap bergantung pada usaha dan kerja keras serta kreativitas dari pemilik bisnis. Usaha yang cerdas dan inovatif dapat membantu bisnis modal kecil berkembang dan sukses.