Skip to main content

5 Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Menjanjikan

bisnis online untuk pemula
Bisnis online. (image: freepik.com)

Bisnis online saat ini semakin digemari oleh para generasi milenial. Hal tersebut karena bisnis online untuk pemula merupakan solusi bagi mereka yang ingin memulai usaha tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Selain itu, keuntungan dari bisnis online adalah biaya operasional yang lebih rendah serta dapat dijalankan dengan mudah jika dibandingkan dengan bisnis tradisional. Bahkan, beberapa diantaranya menawarkan bisnis online tanpa modal sepeserpun. Ini yang membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online.

Ide Bisnis Online yang Cocok untuk Pemula

Ada banyak pilihan ide bisnis online untuk pemula, baik itu berdasarkan hobi atau minat mereka maupun berdasarkan tren pasar saat ini. Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis online untuk pemula yang cukup menjanjikan.

1. Membuka Toko Online

Ide bisnis online untuk pemula yang pertama adalah membuka toko online. Bisnis toko online ini semakin diminati oleh masyarakat karena toko online tidak harus memiliki toko fisik seperti halnya toko offline. Jadi, jika kamu membuka bisnis toko online, maka kamu lebih fleksibel dalam mengatur bisnismu karena bisa bisnis online dari rumah.

Saat ini, ada banyak platform e-commerce di Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai membuka toko online, seperti diantaranya Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Lazada, OLX dan masih banyak lagi platform e-commerce lainnya.

Kamu bisa menjual apapun di platform e-commerce, mulai dari produk baru sampai barang bekas yang masih layak pakai. Namun sebelum memutuskan ingin memulai bisnis di toko online, sebaiknya kamu perlu riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui platform e-commerce yang cocok untuk menjual produk tertentu.

Seperti contohnya, Tokopedia lebih banyak digunakan untuk menjual produk-produk elektronik seperti smartphone, laptop, dan lainnya. Sedangkan OLX lebih banyak digunakan untuk menjual barang-barang bekas yang layak pakai.

2. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu bisnis online untuk pemula yang tepat jika kamu ingin membuka toko online tapi tidak memiliki produk yang dapat dijual. Sebab dengan menjadi dropshipper, maka kamu bisa bisnis online tanpa modal.

Adapun cara kerja dropshipper ini yaitu menjual produk dari pihak supplier, yang kemudian supplier akan mengirimkan produknya ke pembeli. Selain tidak butuh modal, menjadi dropshipper juga memungkinkan untuk menghemat biaya pengadaan barang, biaya operasional, dan lainnya menjadikan bisnis online untuk pemula tanpa modal sangat diminati sampai saat ini.

3. Menjadi Affiliate Marketing

ide bisnis online untuk pemula
Affiliate marketing. (image: freepik.com)

Affiliate marketing juga merupakan salah satu bisnis online untuk pemula tanpa modal yang sedang ngetren saat ini. Cara kerja affiliate marketing ini hampir mirip seperti dropshipper, namun disini kamu menjadi micro-influencer yang mempromosikan produk-produk tertentu.

Dari situ kinerja kamu akan dihitung dari berapa banyak produk yang berhasil terjual melalui promosi yang telah kamu lakukan. Selanjutnya, kamu akan menerima komisi sesuai kinerja yang kamu capai. Besar komisi yang kamu peroleh tergantung dari kesepakatanmu dengan pemilik produk.

4. Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer atau seorang pekerja lepas yang bekerja untuk klien juga menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin bisnis online dari rumah. Sebab, kamu bisa menawarkan jasa sesuai kemampuan yang kamu miliki, seperti jasa desain grafis, pembuatan website, dan lain sebagainya.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan kamu sebagai freelancer, yang pertama yaitu dapat menawarkan jasa dengan mendaftarkan diri melalui situs-situs freelance yang ada, baik situs freelance lokal maupun luar negeri.

Sedangkan cara kedua yaitu dengan menjadi freelancer yang independen, dimana kamu menawarkan jasa melalui situs pribadi milikmu sendiri maupun melalui media sosial.

5. Menjadi Content Creator

Hadirnya platform berbagi video seperti TikTok dan YouTube menjadikan content creator adalah salah satu rekomendasi bisnis online untuk pemula yang cukup menjanjinkan.

Sesuai namanya, seorang content creator membuat konten-konten yang unik dan menarik bagi banyak orang. Lantas, bagaimana seorang content creator mendapatkan penghasilan?

Untuk Memperoleh penghasilan, seorang content creator yang memiliki banyak viewer dapat bergabung dengan program afiliasi dengan pihak yang memiliki sebuah produk. Jadi didalam konten, nantinya kamu dapat melakukan review produk atau menjadikan perusahaan atau orang lain sebagai bagian dari bahasan konten kamu.

Selain melalui program affiliasi, seorang content creator juga bisa mendapatkan penghasilan melalui monetisasi konten seperti contohnya monetisasi YouTube. Jadi jika channel YouTube milikmu telah memenuhi syarat monetisasi, kamu bisa menampilkan iklan pada kontenmu untuk mendapatkan penghasilan dari setiap orang yang menonton atau mengklik iklan yang tayang di kontenmu.

Nah, itulah beberapa ide bisnis online untuk pemula yang menjanjikan. Pemilihan ide bisnis yang tepat sangat penting agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Pastikan untuk selalu melakukan riset pasar dan memahami kebutuhan pelanggan sebelum memulai bisnis apapun.